Tips Sehat Mengontrol Tekanan Darah Saat Hamil

Tips Sehat Mengontrol Tekanan Darah – Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu masalah kesehatan yang serius. Penyakit ini sering terjadi pada wanita, pria, usia muda, tua atau bahkan anak anak.

Namun, 10% dari penderita penyakit hipertensi adalah ibu hamil. Mengapa ibu hamil lebih rentan terkena penyakit hipertensi.? Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa gangguan darah yang besar kemuungkinan terjadi saat anda hamil. ( Baca Juga : Mengenal Tanda Tanda Awal Penyakit Asma )

Gangguan darah tersebut dapat berasal dari hipertensi kronis,preeklampsia-eklampsia, hipertensi kronis dengan superimposed preeklampsia, dan hipertensi gestasional. Gangguan atau masalah ini bisa berdampak pada berat bayi lahir yang rendah atau mengalami bayi prematur.

Preeklampsia bisa menjadi komplikasi hipertensi kronis serta hipertensi gestasional. Tandanya antara lain tekanan darah tinggi dan tingginya kadar protein dalam urine (air kencing). Ini bisa menyebabkan tangan dan kaki membengkak. ( Baca JUga : Macam Macam Prosedur Pengobatan Kanker Ovarium )

Tips Sehat Mengontrol Tekanan Darah Saat Hamil

Salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah tinggi pada ibu hamil adalah dengan rajin melakukan check up. Dokter kandungan menyarankan ibu hamil untuk sering memeriksakan tekanan darahnya sesuai jadwal.

Melakukan check up bisa membuat anda mengetahui tekanan darah anda. Dengan mengetahuinya secara dini, bisa menghindari anda dari berbagai macam masalah serta mempercepat proses pengobatan jika terdapat gangguan pada tekanan darah anda. Selain itu juga, terdapat beberapa hal lain yang bisa anda lakukan untuk mengontrol tekanan darah anda, terlebih bagi anda seorang ibu hamil. ( Baca Juga : Hidung Bayi Tersumbat, Gunakan Cara Ini Untuk Mengatasinya.!! )

1. Ibu Hamil Yang Aktif

Dalam konteks ini, ibu hamil disarankan tidak berdiam diri saja, cobalah untuk berolahraga yoga ataupun olahraga ringan yang tentunya disarankan oleh dokter. Bergerak bagi ibu hamil bisa mengendalikan tekanan darah.

Jika anda tidak pergi yoga atau semacamnya, anda cukup jalan kaki, berenang atau menenangkan pikiran anda. Melakukan aktivitas fisik saat hamil apakah berbahaya.? tentu saja tidak. Justru, aktivitas fisik dapat menghindari anda dari risiko terkena penyakit preeklampsia. Namun, anda juga harus mengontrol olahraga atau aktivitas fisik anda, jangan terlalu berlebihan dan hal tersebut bisa membahayakan bayi dalam kandungan. ( Baca Juga : Antisipasi Penyakit Asma Di Rumah Dengan 5 Cara Ini )

2. Menjaga Berat Badan

Faktanya, ibu hamil akan memiliki berat badan yang berlebih. Salah satu penyebabnya adalah kondisi janin yang semakin lama semakin membesar. Namun, bukan itu yang menjadi masalahnya.

Berat badan ibu hamil menjadi yang penting untuk disorot. Mengapa.? ketika ibu hamil mengalami peningkatan berat badan bahkan obesitas, kondisi ini bisa membuat tekanan darah anda melonjak naik. Yang mana, kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko anda menderita diabetes, kram kaki, maag, mudah lelah atau bahkan beberapa masalah lainnya. ( Baca Juga : 6 Penyebab Bibir Kedutan Yang Wajib Diketahui )

3. Memperhatikan Asupan Makanan

Asupan makanan ibu hamil terkadang menjadi penyebab utama mengapa terdapat masalah yang mungkin saja diakibatkan asupan makanan yang kurang baik semasa kehamilan.

Pola makan yang seimbang menjadi kunci untuk mengontrol tekanan darah pada ibu hamil. Hindari konsumsi garam terlalu berlebihan, bisa membantu mengendalikannya. Perbanyaklah konsumsi buah buahan, sayur, protein rendah lemak, gandum, beras merah serta susu yang rendah lemak. ( Baca Juga : Ciri Ciri Penyakit Miom )

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat bisa diatasi dengan cara menghindari berbagai macam hal hal yang bisa membuat kesehatan anda terganggu.

Sebut saja rokok, obat obatan terlarang, narkoba, alkohol atau minuman yang berkafein. Terutama kafein, bisa menghambat asupan gizi pada bayi anda, serta meningkatkan risiko mengalami keguguran. Asap rokok juga sangatlah berbahaya yang bisa menyebabkan gangguan pernafasan ibu hamil juga tidak baik untuk bayi anda. ( Baca Juga : Apa Saja Ciri Ciri Penyakit Kandidiasis )

Sumber :

  • https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/hipertensi-tekanan-darah-tinggi/mengendalikan-tekanan-darah-ibu-hamil
  • https://www.nice.org.uk/guidance/cg107/chapter/1-Guidance#reducing-the-risk-of-hypertensive-disorders-in-pregnancy
  • https://www.livestrong.com/article/338399-diet-for-pregnant-women-with-high-blood-pressure/

Dipost Oleh : Jelly Gamat QnC

Tips Sehat Mengontrol Tekanan Darah Saat Hamil – Jelly Gamat QnC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


SEO Powered By SEOPressor
error: Jangan Copast Yah :) Hargai Karya Orang Lain