Mitos Atau Fakta : Penderita Diabetes Jangan Makan Nasi

Diabetes – Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah penyakit diabetes. Diabetes adalah penyakit atau kondisi yang diakibatkan oleh tingkat kadar gula darah di dalam tubuh yang terlampau tinggi.

penderita diabetes jangan makan nasi

penderita diabetes jangan makan nasi

Kondisi ini bisa saja diperparah jika asupan makanan anda tidak diperhatikan, seperti terlalu banyak mengkonsumsi gula atau glukosa dan kurangnya berolahraga. Namun, apakah anda pernah mendengar hubungan dari makan nasi dengan penderita diabetes.?

Mitos Atau Fakta : Penderita Diabetes Jangan Makan Nasi

Nasi merupakan makanan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa orang akan merasa belum kenyang jika tidak mengkonsumsi nasi. Nasi memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Sementara itu, penderita diabetes tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi gula yang berlebihan. ( Baca Juga : Ternyata Ini Bedanya Maag Dan Gejala Tipes )

Lantas, apakah penderita diabetes boleh makan nasi.? Ingin tahu lebih lanjut, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Kandungan karbohidrat atau gula yang cukup tinggi pada nasi menjadi alasan mengapa penderita diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi nasi secara berlebihan. Meskipun pada dasarnya, mereka bisa dan boleh mengkonsumsinya, namun dengan takaran yang sedikit dan harus sesuai dengan anjuran dokter. ( Baca Juga : Kanker Payudara Sulit Dideteksi Pada Penderita Obesitas )

Dan jikapun anda tidak biasa makan tanpa nasi, proses pengolahan nasi pun bisa menjadi salah satu cara terbaik agar nasi yang dihasilkan tidak mengandung gula yang terlampau banyak. Seperti apa cara memasak, mengkondisikan juga dikonsumsi dalam keadaan yang tepat.? Berikut adalah ulasannya.

1. Memilih Nasi Dengan Indeks Glikemik Rendah

Nasi putih memang sangatlah enak untuk dikonsumsi. Namun, indeks glikemik dari nasi putih sangatlah tinggi. Nasi yang baru matang bahkan memiliki kadar gula yang tinggi. Untuk antisipasi nasi yang banyak gulanya. Anda bisa mengkonsumsi nasi yang sudah didinginkan, minimal semalaman. ( Baca Juga : Apa Saja Ciri Batuk Kronis, Kenali Dan Obati Sejak Dini )

Mengapa.? nasi yang sudah didinginkan akan membentuk pati resisten seperti serat. Yang mana, nasi kemarin juga punya indeks glikemik yang rendah. Meskipun demikian, anda tidak boleh mengkonsumsinya terlalu banyak.

2. Lengkapilah Nasi Dengan Lauk Pauk Sehat

Untuk penderita diabetes, jikapun anda menginginkan konsumsi nasi. Cobalan untuk melengkapinya dengan lauk pauk yang sehat. Seperti anda ketahui, bahwa memilih lauk pauk yang salah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes.

Lauk pauk seperti apa yang memang cocok untuk penderita diabetes.? salah satunya adalah makanan yang berserat seperti brokoli, bayam atau kembang kol yang ditumis. Penuhilah kebutuhan serat anda sebanyak 25 gram serat per hari. ( Baca Juga : Kanker Paget, Tumor Ganas Yang Menyerang Puting Payudara )

Selain itu juga, jika anda mulai bosan dengan bayam atau kembang kol, anda bisa mencoba makanan yang mengandung protein seperti daging ayam atau sapi tanpa lemak, tempe tahu atau telur. Tapi ingat, meskipun sehat, anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan.

3. Kurangi Asupan Gula, Dan Jangan Lupa Untuk Rutin Mengeceknya

Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan diabetes, lepas kendali akibat asupan yang terus menerus mengandung kadar indeks glikemik tinggi bisa memperburuk kondisi anda. Nah, untuk itu, anda harus rajin rajinnya menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan yang sering menggoda mata anda untuk membeli dan mengkonsumsinya.

Jikapun ingin, anda bisa mengkonsumsi pemanis berkalori yang sangat rendah, hal tersebut bisa mencegah terjadinya kenaikan kadar gula di dalam darah. ( Baca Juga : Tips Sehat Mengontrol Tekanan Darah Saat Hamil )

4. Porsi Tidak Berlebihan Dan Secukupnya Saja

Jika anda adalah tipe orang yang tidak bisa makan tanpa nasi, anda bisa mencobanya dengan membatasi jumlah karbohidrat tersebut. Jika biasanya anda mengkonsumsi beberapa piring tiap hari.

Dengan anjuran dokter, anda bisa memperhatikan juga mengatur jumlah asupan nasi per hari, sesuai dengan apa yang dokter sarankan. Karna suka atau tidak, nasi memiliki kadar gula yang tinggi. Dan mengkonsumsi nasi secara berlebihan bisa memperburuk kondisi penyakit diabetes anda. ( Baca Juga : Tanda Awal Penyakit Asma )

Dipost Oleh : Jelly Gamat QnC

Mitos Atau Fakta : Penderita Diabetes Jangan Makan Nasi – Jelly Gamat QnC

 

Sumber :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


SEO Powered By SEOPressor
error: Jangan Copast Yah :) Hargai Karya Orang Lain