8 Gejala Penyakit TBC Paru Paru, Dari Batuk Hingga Demam

Penyakit tbc paru paru adalah penyakit yang sangat berbahaya dan bisa ditularkan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut yang kemudian masuk ke dalam tubuh dan merusak paru paru anda.

gejala penyakit tbc paru paru

gejala penyakit tbc paru paru

Penderita tuberkulosis tiap tahunnya bertambah. Penyakit ini menjadi salah satu masalah kesehatan yang sangat serius.TBC paru paru perlu diatasi dengan segera. Hal tersebut bertujuan agar anda tidak berdampak lebih buruk dari sebelumnya. lalu, apa sih gejala utama dari penyakit tbc paru paru.? mengetahui gejala tbc paru paru sejak dini bisa meningkatkan peluang sembuh dari penyakit ini. Berikut adalah gejala utama dari penyakit tbc paru paru.

Simak Juga:

Kenali Gejala Utama TBC Paru Paru Dan Obati Sejak Dini

Sangat disayangkan ketika banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terkena penyakit ini. Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena memang penyakit ini terkadang tak mudah untuk dikenali. Gejala dari tbc paru paru itu sendiri dimulai secara bertahap dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Beberapa gejala dari tbc paru paru tersebut berupa :

  • Batuk yang disertai dahak berwarna kuning atau bahkan darah.
  • Lelah.
  • Demam.
  • Sering berkeringat di malam hari.
  • Panas dingin.
  • Urine berubah menjadi kemerahan atau keruh.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Penurunan berat badan.

Adapun beberapa gejala lainnya yang sering muncul pada pasien penderita tbc paru paru, meskipun tidak semuanya menderita gejala tersebut. Jika anda merasakan atau mengalami gejala diatas, sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter. Hal tersebut bertujuan agar dokter bisa mendiagnosis penyakit yang anda derita denga pasti. Dan juga untuk memastikan apakah anda positif terkena penyakit tbc atau tidak.

Proses Diagnosis Penyakit TBC Paru Paru

Diagnosis adalah suatu prosedur dimana anda akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan apakah anda terkena penyakit tbc paru paru atau tidak.

Pada tahap awal atau pemeriksaan awal, dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan seputar keluhan yang anda rasakan. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi apakah anda memiliki pembengkakkan pada kelenjar getah bening. Selain memeriksa kelenjar getah bening, paru paru anda juga akan diperiksa menggunakan alat stetoskop dengan cara mendengar bunyi nafas anda.

Setidaknya ada 5 cara diagnosis dari penyakit tbc paru paru ini, apa saja itu.? sebagai berikut :

1. Melakukan X-Ray

X-Ray digunakan untuk memeriksa apakah adanya perubahan pada paru paru sehingga menyerupai tanda tanda menderita tuberkulosis.

2. CT Scan

Prosedur ini dapat dilakukan jika ingin mengetahui lebih detail akan kecurigaan dari penyebaran tuberkulosis ini. Biasanya CT Scan dapat dilakkan jika penyebaran tuberkulosis sudah menyerang ke daerah atau jaringan tubuh lain.

3. Tuberculin Atau TEs Mantoux

Prosedur ini dilakukan untuk menguji keberadaan tuberkulosis laten. Dalam tes ini, dokter akan melakukan penyuntikan substansi tuberkulin PPD ke lapisan kulit dan juga memantau rekasi kulit dalam 2 hingga 3 hari kedepan.

4. Memeriksa Sampel Dahak

Sampel dahak dapat dilakukan untuk pengecekan apakah terdapat bakteri penyebab tbc paru paru pada dahak. Selain itu juga, sampel dahak digunakan untuk menguji basil TB yang sensitik terhadap antibiotik tertentu.

5. Tes Darah IGRA

Prosedur atau tes IGRA digunakan untuk mendeteksi tuberkulosis aktif dan laten. Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk memeriksa reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap basil tuberkulosis.

Posted By : Jelly Gamat QnC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

´╗┐
SEO Powered By SEOPressor
error: Jangan Copast Yah :) Hargai Karya Orang Lain