Cara Pengolahan Daun Sirsak Untuk Pengobatan

Daun Sirsak – Siapa yang tidak kenal daun sirsak.? daun sirsak merupakan salah satu daun dari buah buahan yang sangat sering didengar. Apalagi bagi anda yang pernah menjalani pengobatan dengan daun sirsak.

Namun, tidak sedikit dari yang belum mengatahui manfaat dari daun yang satu ini. Daun sirsak dipercaya dapat mengatasi kanker. Mengapa bisa.? terlebih daun sirsak memiliki kandungan anti kanker. Ramuan dan obat herbal diluar sana pun sudah banyak yang menggunakan ekstrak daun sirsak.

Manfaat Daun Sirsak

Cara Pengolahan Daun Sirsak Untuk Pengobatan

Meskipun sudah banyak yang beredar di masyarkat. Namun, tidak ada salahnya jika anda mengetahui bagaimana cara pengolahan daun sirsak untuk pengobatan, salah satunya untuk mengatasi kanker. Berikut merupakan ulasan selengkapnya dari proses pengolahan daun sirsak untuk mengatasi kanker.

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Pengobatan

Untuk mengolah daun sirsak, terbilang sangat mudah. Yang pertama, anda harus mengetahui kualitas dari daun sirsak. Hal tersebut bisa anda lihat dari bentuk daun atau warna daunnya. Pilihlah daun sirsak yang setengah mateng atau dengan kata lain tidak terlalu muda ataupun tidak terlalu tua.

Mengapa harus yang setengah mateng.? karena, kandungan pada daun sirsak yang terlalu muda tidak mengandung senyawa acetogenin. Sedangkan pada daun sirsak yang tua, kandungan acetogenin tersebut besar kemungkinan ada yang rusak, sehingga hanya mengandung senyawa acetogenin yang rendah.

Cara Pengolahan Daun Sirsak

Untuk pengolahan daun sirsak bisa anda lakukan dengan beberapa cara, seperti :

1. Merebusnya

Untuk merebus daun sirsak, anda tinggal siapkan beberapa helai daun sirsak yang setengah mateng. Setelah itu, cuci sampai bersih dengan menggunakan air keran yang mengalir. Panaskan dengan air sebanyak 600cc dengan api yang kecil. Lalu masukan daun sirsak tersebut dan tunggu hingga air menguap dan tersisa air rebusan berwarna hijau kehitaman. Ambilan dan minumlah.

2. Diblender Atau Ditumbuk

Bagi anda yang tidak suka dengan cara direbus, anda bisa mencobanya dengan alternatif yang kedua. Yaitu menumbuknya atau memblender daun sirsak. Anda tinggal masukan sekitar 3 sampai 5 lembar daun sirsak. Setelah itu, cuci bersih dan tambahkan air hangat seperempat gelas yang bertujuan untuk membantu proses penghancuran.

Tutup wadah tersebut dengan rapat agar panas dari wadah tersebut tetap terjaga. Jenis pengobatan ini sangat cocok untuk mengatasi luka. Anda cukup oleskan daun sirsak yang sudah diblender pada luka dan diamkan sejenak hingga kering.

3. Olah Daun Sirsak Menjadi Teh Herbal

Apakah anda ingin memiliki variasi yang berbeda saat mengkonsumsi daun sirsak. Caranya sangat mudah, anda tinggal olah daun sirsak menjadi teh herbal.

Untuk proses pembuatannya, terdapat beberapa alat dan bahan yang anda butuhkan, seperti :

Alat :

  • Panci atau teko masak.
  • Kompor.
  • Sendok.
  • Alat penumbuk.

Bahan bahan :

  • 15 lembar daun sirsak yang sudah dikeringkan.
  • 1000 ml air bersih.
  • Madu atau gula merah.

Nah setelah itu, anda bisa melakukan beberapa langkah langkah atau proses pembuatannya, seperti :

  • Tumbuk daun sirsak hingga kering dan halus, hal ini bertujuan untuk memudahkan senyawa penting agar tercampur dengan air dan bisa mengurangi waktu masak dari teh itu sendiri.
  • Masak kurang lebih satu liter air hingga mendidih.
  • Ketika air mendidih, anda bisa memasukan daun sirsak yang telah ditumbuk dengan halus ke dalam air.
  • Kecilkan apinya sehingga air tidak mendidi lagi namun tetap panas selama kurang lebih 20 menit.
  • Matikan kompor anda dan tuangkap air tersebut ke dalam gelas.
  • Teh herbal dari daun sirsak siap untuk disajikan.

Simak Juga :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


SEO Powered By SEOPressor
error: Jangan Copast Yah :) Hargai Karya Orang Lain