Apakah Bisa Menstruasi Saat Hamil

Menstruasi – Merupakan kondisi dimana anda mengalami siklus atau proses keluarnya darah di dalam rahim anda. Hal ini terjadi akibat lapisan dinding rahim di bagian dalam memiliki atau mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

Apakah Bisa Menstruasi Saat Hamil

Apakah Bisa Menstruasi Saat Hamil

Menstruasi normalnya terjadi satu bulan sekali. Namun, pada beberapa kondisi menstruasi juga bisa terjadi 2 kali dalam sebulan. Kondisi tersebut bisa saja terjadi dan dikatakan normal jika tidak berlangsung secara terus menerus. Karena pada dasarnya wanita memiliki 13 kali siklus menstruasi selama satu tahun penuh.

Lantas, apakah menstruasi bisa terjadi pada ibu hamil.? bisakah ibu hamil mengalami menstruasi.? untuk lebih jelasnya. Kami telah merangkum dalam artikel ini dengan judul “Apakah Bisa Menstruasi Saat Hamil.?” simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apakah Bisa Menstruasi Saat Hamil.?

Beberapa kondisi bisa saja menyerupai menstruasi saat anda hamil. Namun, beberapa dari kondisi tersebut dapat bersifat serius meskipun sebagiannya tidak berbahaya. Ibu hamil harus waspada jika muncul bercak darah yang menyerupai menstruasi. Sebaiknya anda langsung konsultasikan dengan dokter kandungan dan infokan mengenai kondisi yang anda alami. Dokter kemudian akan melakukan beberapa pemeriksaan seputar apa yang anda alami.

Penyebab Utama Adanya Pendarahan Saat Hamil

Berdasarkan penyebabnya, pendarahan saat hamil dibagi menjadi 2, yakni masa awal kehamilan dan masa pertengahan atau akhir kehamilan. Berikut merupakan ulasan selengkapnya :

Masa Awal Kehamilan

Pada masa awal kehamilan kondisi ini bisa saja sering terjadi pada ibu hamil (bumil). Pendarahan tersebut biasanya terjadi antara 1 sampai 2 hari saja. Itupun dengan jumlah pendarahan yang relatif sedikit.

Apa yang menyebabkan itu semua.? kondisi ini dikenal dengan nama bercak implantasi. Dimana kondisi tersebut dapat terjadi ketika sel telur yang dibuahi menanamkan diri ke dinding rahim anda. Baca Juga : Apa Ciri Dan Gejala Penyakit Maag

Terdapat beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan muncul bercak darah menyerupai mesntruasi pada trimester kehamilan awal. Sebagai berikut :

  • Adanya perubahan atau suatu masalah pada leher rahim anda.
  • Mengalami infeksi pada vagina maupun mulut rahim.
  • Tanda tanda awal dari keguguran.
  • Kehamilan yang terjadi di luar rahim.
  • Hamil anggur.

Selain itu juga, biasanya anda mengalami beberapa gejala selain keluarnya darah seperti kram perut, sakit punggung bawah dan merasa sangat lemas.

Masa Pertengahan Atau Akhir Kehamilan

Jika anda mengalami pendarahan pada trimester ini, bisa jadi anda mengalami masalah yang cukup serius. Apa saja itu.? dari sekian banyak kasus, pendarahan pada trimester pertengahan atau akhir kehamilan bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  • Anda mengalami keguguran.
  • Persalinan yang prematur.
  • Plasenta previa.
  • Atau plasenta terlepad dari dinding rahim anda.

Hal Hal Yang Bisa DIlakukan Oleh Anda

Langkah langkah yang perlu anda lakukan saat terjadi pendarahan baik itu pada trimester pertama atau terakhir adalah dengan selalu memeriksakan diri ke dokter kandungan. Karena dokter bisa dengan mudah mendeteksi apa yang anda alami. Dan apakah erat kaitannya dengan kesehatan janin anda atau bahkan bisa membahayakan kesehatannya. Baca Juga : Cara Mengobati Miom Secara Alami

Berikut merupakan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah terjadinya masalah yang serius pada pendarahan yang anda alami saat hamil. Seperti dengan :

  • Menghindari penggunaan tampon dan tidak disarankan untuk menggunakan pembersih vagina.
  • Menunda hubungan seksual dengan suami anda.
  • Jika ada jaringan yang keluar bersama darah, anda harus memeriksakannya dengan dokter kandungan.
  • Menggunakan pembalut untuk membersihkan darah.

Setelah anda memeriksakan diri ke dokter, biasanya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan fisik guna mengetahui apa yang menjadi penyebab dan masalah dari timbulnya pendarahan pada ibu hamil. Dokter akan menyarankan anda untuk melakukan tes USG. Baca Juga :  Cara Mengatasi Diare Saat Hamil Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


SEO Powered By SEOPressor
error: Jangan Copast Yah :) Hargai Karya Orang Lain